Mengenal POS Lebih Dalam
18 March 2020
Pantau Bisnis Walau #DiRumahAja
9 April 2020

6 Jajanan Khas Jawa Barat Untuk Bisnis Anda

Anda ingin membuka bisnis kuliner kecil-kecilan tapi masih bingung karena keterbatasan modal? Atau, Anda tidak mau membuat kuliner yang merepotkan? Atau bisa juga, Anda bingung, kira-kira jajanan apa yang akan terus menjadi tren di masyarakat? Anda tidak perlu khawatir. Ternyata, banyak loh, jajanan tradisional yang dapat menjadi inspirasi untuk bisnis Anda. Salah satunya, dari daerah Jawa Barat.

Daerah Jawa Barat terkenal akan jajanan dengan citarasa pedas dan asin.

Berikut ini adalah enam jajanan khas Jawa Barat yang laris di pasaran, dengan modal yang sedikit dan cara pembuatan yang mudah.

  • Baso Aci

Jajanan asal Garut, Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka atau tepung aci ini mulai melebarkan sayapnya pada tahun 2016 dan masih digandrungi hingga saat ini. Baso aci terkenal akan kesegaran kuahnya, karena kuah baso aci memiliki citarasa asam dan gurih.

Dalam satu porsi baci (sebutan untuk baso aci), biasanya terdiri dari baso aci, tahu aci, cuanki, dan sukro cikur. Bisa juga ditambah topping tambahan, seperti ceker, sosis, daging, atau tetelan.  

  • Cilor
Jajanan Cilor
Cilor
Sumber gambar: https://instagram.com/nilaiman

Jajanan ini berasal dari Bandung, Jawa Barat dan masih berada dalam rumpun yang sama dengan baso aci, karena sama-sama terbuat dari aci atau tepung tapioka. Cilor adalah singkatan dari aci telor. Seperti namanya, cilor merupakan aci yang dibentuk bulat kecil-kecil, lalu dicelup ke dalam telur, kemudian digoreng. Untuk menambah citarasa, dapat ditambahkan dengan saos sambal, kecap, atau bumbu balado.

  • Maklor

Maklor adalah makaroni rebus yang dicampur dengan telur, diberi bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, daun bawang, merica, dan garam, kemudian digoreng. Jajanan asal Bandung ini menjadi primadona di sekolah-sekolah, karena harganya tergolong murah dan sangat mudah dibuat. Maklor bisa ditambah dengan bumbu tambahan untuk menambah rasa, biasanya terdapat beberapa pilihan yaitu balado, keju, jagung bakar, dan bumbu pedas.

  • Lumpia Basah

Walaupun namanya lumpia, jangan salah, jajanan yang satu ini jelas berbeda dengan lumpia yang berasal dari Semarang. Jajanan asal bandung ini terbilang cukup unik, karena disajikan secara “apa adanya” alias tidak digulung rapi seperti lumpia pada umumnya. Isian lumpia basah ini terdiri dari tauge, bengkuang yang telah dibumbui kecap manis, telur, dan bisa juga ditambah topping ayam suwir atau bakso. Jika isian sudah harum, angkat dan sajikan di atas kulit lumpia yang telah diberikan saus dari tepung kanji dan gula merah.

  • Seblak

Siapa yang tidak mengenal jajanan yang satu ini? Walaupun terbilang “baru” dalam dunia jajanan di Jawa Barat, seblak menjadi salah satu jajanan yang populer di mana-mana. Seblak merupakan jajanan yang terbuat dari kerupuk yang direndam dengan air panas matang, kemudian dimasak bersama orak-arik telur serta bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan kencur.

Mengikuti perkembangan zaman, seblak saat ini sudah bermacam-macam variasinya. Bisa ditambah dengan topping ceker, bakso, sosis, tulang, makaroni, mie, atau bahkan dicampur dengan lumpia basah.

  • Bakso Cuanki
Jajanan Bakso Cuanki
Bakso Cuanki
Sumber gambar: https://instagram.com/alejenes via IDNtimes

Pada tahun berapa Anda mengetahui bahwa singkatan dari Cuanki adalah “Cari Uang Jalan Kaki”?

Jika Anda baru saja mengetahuinya, selamat! Jajanan dari Bandung ini memang tidak pernah redup pamornya. Satu porsi bakso yang terbuat dari ikan tenggiri, tepung tapioka, dan daging ini biasanya dibarengi dengan pangsit, tahu isi aci, dan tahu kering. Cocok sekali disantap saat hujan dan dinikmati dengan sambal.

Nah, itu dia enam jajanan khas Provinsi Jawa Barat yang bisa menjadi inspirasi bisnis Anda. Tidak ingin repot mengatur ketersedian bahan-bahan untuk membuat jajanan tersebut dan ingin mempermudah proses transaksi? Jangan khawatir, dengan STOCKIN semua jadi lebih mudah dan singkat. Cocok untuk usaha apapun! Klik di sini dan coba gratis selama tiga puluh hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

× Hello!